Laman

Rabu, 03 Oktober 2012

Start from now or not !!! " Kehidupan kadang akan mengubah mindset kita perlahan, maka temukan dan bersabarlah"

Aku ingin mengungkapkan betapa panjangnya jalan hidup seseorang yang membuatku terinspirasi, dari orang sekitarku, sahabatku, teman seperjuanganku, guru dan dosenku serta terpenting orang tua ku. Sebelumnya aku adalah gadis desa dari desa yang lumayan terpencil, aku tinggal bersama kedua orang tua ku yang sangat luar biasa. Yah, ayah tercinta, yang Vita sering panggil bapak. Bapak Slamet, itu nama beliau. Dan ibu tercinta, Ibu Satinem, tapi kadang Vita manggilnya Mamak kalau dalam bahasa jawanya, mami juga pernah, kadang ummi juga. hhehhe tergantung mood saja sih, mau panggil bagaimana. Aku teringat ketika aku masih sekolah menengah atas, masih sama dalam segala impianku semenjak aku sekolah dasar. Aku dulu punya harapan, kelak aku dewasa aku ingin bisa menjadi seorang guru SD, karena guru SD itu luar biasa, sabar, pandai, akrab dengan anak kecil, ngajarnya tidak terlalu sulit. Yah itu aku yang dulu. Dulu Vita sudah mulai merintis usaha bagaimana Vita kelak menjadi seorang guru. Aku dirumah ngajar adik pertamaku, Desi Fitri Supriyanti dan teman-teman sebayanya. Aku bawa papan tulis dan kapur tulis, putih juga penghapus seperti biasa yang dipakai kalau pakai papan "blackboard". Aku paling suka ngajar matematika, yah lumayan aku ngajar 5 anak lah. Itu udah berlangsung lumayan lama. Disamping itu aku juga ngajar ngaji di TPA Al-Ikhlas, di sana aku bersama teman kecilku Oza Astuti Putri yang kemarin baru saja wisuda dan sekarang sudah bekerja ngajar ngaji bareng. Mulai dari baca iqro', al-qur'an, sholawatan, game dan lain-lain. Yah, sudah berlalu. Kini aku mulai menganjak usia remaja awal, masa-masa pubertas. Yah karena aku sudah masuk Sekolah Menengah Pertama 2 Bayat, itu adalah suatu kebanggan tersendiri. Namun ada sedikir penyesala, kenapa aku tidak jadi masuk SMP 1 Cawas yang dulu aku bela-belain masuk sana, sampai ikut try-out juga. Kenapa? Karena aku minder tidak bisa berdampingan dengan orang-orang cerdas di sana. Dari bapakk, ibu sendiri manut sajalah. Namun aku sejenak berfikir, dan fikiran ku agak sedikit salah si, " Aku masuk ke SMP 2 Bayat sajalah, aku yakin kalau aku masuk sana pasti aku bisa raih gelar juara 1,2,3 di kelas. Tapi kalau di SMP 1 Cawas belum tentu",,haha mindset yang pendek, Vit. OK keputusan sudah tak ambil, akhirnya aku sekolah di SMP 2 Bayat tercinta. Kenapa tercinta, karena di sana aku mulai mengenal Pak Maryono, beliau adalah guu favorit saya, kalau lagi ngajar PKn, yang diajar itu ada pelajaran agama yang terselip, so pasti asik dong. Di SMP, aku belum terlalu memikirkan cita-cita ke depanku, yaah masa ababil. Dulu yang terpenting adalah ikut OSIS, dan itu pun aku gak tahu kog bisa masuk OSIS. Aku dulu di pilih sih, ga tahu kenapa apa karena aku tinggi, (loh, apa hubungannya?), atau gara-gara sok ngeksis di sekolah. hhee gak juga, tapi ya lumyan di kenal di kalangan guru. Karena dulu belum ada rohani islam gitu, jadi aku cuman ikut OSIS sama ikut ektrakulikuler qiro' Al-Qur'an (baca Al-Qur'an dengan dilagukan) dan dewan penegak pa yah, lupa dehh.. He'em dulu ikut DP dan itu campingnya ke Buper Kepurun, Manisrenggo. Zeeeeeeett udah berlalu selama 3 tahun aku SMP, lanjut nih, pas SMA. Galau lagi nih ceritanya, ada dua option yang harus aku pilih. Antara SMA 1 Klaten sama SMA 1 Cawas tercinta. Pertimbanganku masih sama, aku ingin lebih berkembang dan tidak berkutat di desa melulu. Namun karen bapak tidak setuju, takut, soalnya jauh dari rumah yah 45 menit, dan kalau lajo juga ga mungkin boleh (ceritanya kan baru bisa naik motor and belum lancar) dan ga boleh ngekos jadi ya akhirnya ke SMA 1 Cawas. Di SMA itu aku mengenal banyak orang, muali dari guru, teman, sahabat. Aku sangat dekat dengan duru, apalagi Ibu Murtiningsih dan Ibu Marmini. Bu Murti itu ngajar Bahasa jerman dan Bu Marmin ngajar B. Inggris. Aku sering curhat ke kedua ibu tadi, ahhh "Miss you all, my Mom". Kalau, dari Pak guru, aku dekat sama Pak Sidiq guru TIK, Pak Agus guru fisika, Pak Irsyad guru agama dan paling suka sama Pak Eko yang ngajar biologi. Waduh harus hati-hati sama Pak Irsyad, P.Sidiq saolnya belum nikah , masih banyak godaan pandangan mata. Tapi alhamdulillah sekarang adah ga ketemu lagi. Karena mending pisah kalau pandanga itu menggangu, hati. HHa apa-apaan ini. Yah sekedar intermezo ini, gak beneran kog...Tapi agak bener sedikit.
Masa SMA ini aku seneng banget karena bisa ikut rohis, di situ aku punya sahabat. Ddan sahabat ku sekarang juga sedang masa perjuangan. Mey kuliah di Abu Bakar Ash Shidiq UMS, Triyatun di UGM Keswan, Indah Dwi Astuti di Semarang PGMI, Siti Chotiah di Farmasi UMS. Yah kita empat serangakai... Kita adalah anggota rohis terbanyak dari 4 kelas jurusan IPA. Dan menyatu di kelas IPA 3 tercinta dong. ALGA, Angatan IPA TIGA. HHeeee
Di sini, adalah awal perjuangan rohisku dan teman-teman. Mulai dari mengenalkan rohis ke temen2. terkadang ada saja halangan, terutama nih kalau pas ada agenda halal bihalal, itu kan pake salam2an di kelas. HHaaa ini yang agak jadi canggung kita sama cowok-cowok di kelas. Awalnya teman-teman ngeklaim kita fanatik banget, tapi terus akhirnya biasa saja. Mereka menghargai kita. Kita di klaim sebagai kumpulan ibu-ibu pengajian di kelas (haduh kita masih muda sayang). Apalagi kalau ada acara roleplay di depan kelas. Nah satu ini aku pengen cerita banyak ketika SMAku. Karena SMA adalah masa terindah yang aku alami bersama sahabatku. Pas waktu itu, kan lagi KBM bahasa inggris dan harus ada roleplay, duh di undi ak, kog dapetnya ya, Mey dkk to ya,, ya sudah dah pasti jadi bahan ketawaan "Yah inilah rombongan TPA akan pengajian di sini" hha apa-apan sihhh...lucu dehh.
Yah teman-temanku,...itu tak kan terlupakan, apalagi kamu Tri Sudarsono yang selalu bilangin kita kek gitu. Haha selamat ya sekarang sudah kuliah di UNAIR semoga barokah. Temen paling gokil and agak alim juga itu Dian Fitrianto, dia itu kayak dah jadi fansnya Habib Syech deh, sering dulu sharing-sharing sama dia. Karena Habib Syech sering ngadain pengajian di daerah Paseban, Bayat deket Sunan Pandanaran. Gokil abis, kamu itu emang jagonya ngelawak apalgi kalu udah kolaborasi sama Ani, hhha asik pokoknya. Hemmm...alhamdulillah ya kita bisa bersama, moto kita adalah "bersatu meraih prestasi". Aku inget sama Ahmad Mustaqim yang jagonya arsitektur, pinter banget kalau suruh gambar. Terakhir kita ketemu itu pas kita pergi ke Tawng mangu ya teman-teman. Itu adalah agenda terindah kita.
Aku ga bisa berkata lgi, ternyata secepet itu, dan KBM paling nyenengin itu pas mau UAN. Dlam satu kelas kita dibagi menjadi 5 kelompok atau berapa ya, terus kita dicampur jadi satu antar cowok sama cewek. Pas waktu itu aku bareng juga Mey, Atun, Galuh, Pak Ketua si Faris, Tri Sudarsono. hha paling gokil dehh,,, rajin2..ga nyesel kelopomkan sama kalian. Akhirnya kelulusan pun di umumin, dan hasilnya 100% lulus. Tahu gak aku agak nyesel karena pas kalian corat coret aku ga dateng, karena ga boleh ikut sama ibu, suruh jagain adek di rumah. HHe tapi gpp. aku dah punya foto kalian kog. Selamat jalan teman-teman, mari kita meraih kesuksesan bersama.
Aku masih melalui perjuangan bersama Triyatun temenku yang paling deket, yah..aku sayang Tri, dia selalu bersamaku pas kita daftaran kuliah. Awalnya aku daftar di Undangan SMA, yah kayak PMDK gitu lah, pilihan gradeku agak tinggi. Aku milih PGSD UNY, PGSD UNS, BK UNS..hha Vita gimana sihhh failed deh,,,gapapa aku gak nyesel kog. Ternyata  Atun juga gagal. Ya sudahlah...sampe sampe Atun tu ngimpi kalai kita ketrima, dan in fact ga ketrima...hhe
Langkah kedua kita daftar SNMPTN tertulis, sama aku juga ngisi 3 pilihan tadi, dan masuk jalur IPC. Aku milih test di UNS karena pengen tahu aj UNS kayak apa, kita kos bareng, dan kosnya di sana sangaaaaaaaaat panas. Panas banget!!! Kita belajar bareng, gitu. Tapi gak konsen karena ya panas tadi,trus aku diminta bapak daftar STPN, STIS, dan aku pun daftar. Nah ini nih pas tanggal 19 atau berapa ya hampir mepet, aku di ajak Triyatun buat daftar Poltekkes Jogja, HHe ngapain aku dafatr di Poltekkes, aku aja ga suka dunia kesehatan. Ya, aku mau aja, buat cadangan. Padahal saat itu Atun suka banget sama Bidan and Analis. yah kita daftar bareng. Kita kosnya jauhhhh banget dari Godeang. Di mana coba, kita kos di UIN, hha Vita Tuni,, apa apan kalian ini. Tapi ya sudahlah. Kita lalui bersama. Pengumuna pun belangsung, tanggal 22 Juni 2012, aku gak berani lihat. Ini pengumuman pertama kalinya dari Poltekkes, nomorku kalau ga salah 1558. Nah pas malam aku lagi baincang-bincang nih sama Ummi. Mam, lau gak ketrima ya sudah ya Mam. Tapi kog feelingku ketrima ya. Nah, pas itu aku gak berani buka pengumuman dan ada sedikt trouble juga sih. Tapi temenky yang bukain, dia Erna Setyaningsih. Vita, nomormuu 1558 bukan? Syok aku mendengar HP bunyi dan dapet sms dari Erna. Mam, ada sms dari Erna, apa betul ketrima ya? duh dag dih dug. Aku langsung jawab, iya Er, kenapa Er?. Erna jawab Selamat ya Vit, kamu ktrima, urutan 33. Haaaaaaa.............................nangi deh Vita waktu itu, terus lari ke tempat sholat, sujud syukur... Ga tahu kenapa seneng aj. Terus ndeketin ibu, dan ibu nangis. Akhirnya kasih kabar bapak. Bapak Vita ketrima di Kebidanan. Tapi harapan masih tetep di PGSD lahhhh... Bapak ngebet aku disuruh daftar STAN lagi, maaf ayah aku nggak bisa. Aku nggak suka dunia keuangan. Tapi bapak mengerti dan setelah itu aku ikut test STPN, SNMPTN, STIS. Di keduanya ini pun gagal juga. Ini  nih STIS yang bikin aku drop. Aku sdh bertekad bulat, yakin sepenuh hati bakal ketrima di STIS, aku pengen bisa ngikutin jejak adik sepupu ku. Dek Alfiah Yuni Astuti yang sekarang udah kerja di BPS Gorontalo bersama suaminya Dek M Fajar. Yah aku manggilnya Dek dong. Karena ini ceritanya aku putri bapak, karena bapak Vita itu putra tertua dari simbah. Dulu sering ngasih motivasi , ayo mbak daftar udah buka lohh, dll. Tapi sudahlah, cukup. Kebidanan saja.

Satu, dua, tiga sampai 1 minggu aku lalaui hari pda waktu PRA PPS, PPS PRA PPA, dan PPA. Rasanya kebanyakn ngeluh, Vitaaaaa...... Aku masti selalu inget pas PRA PPS itu kehadiran mbak Erni membuka mata hatiku. Di saat itu, aku menceritakan segala ketakutan dan kelemahanku. Aku takut tidak bisa mengikuti pelajaran di sini karena basicnya aku suka matematika, aku takut gak bisa hafaln, aku taku dan aku takut. Aku nangis di depan teman-teman dan temn2 pun ikut menangis. Aku menangisi karena kenapa aku tidak kettrima di pilihanku. Dan teman2 jug karena sebagian besar teman2 daftar kedokteran dan belum tercapainya.
Disitulah aku mulai membuka mata hatiku, setiap kalinya aku merenungi diri. Apa aku hanya akan terdiam seperti ini saja, sedang melihat keadaan orang tua susah payah bekerja hanya untuk kebahagiaan Vita di masa sekarang dan mendatang. Ketika aku mengingat ibu dan bapak yang ada aku harus semangat, sejenak pasti nangis. Sabar ya karena memang tipeku gampang nangis. Awalnya what ever. Aku sudah menentuka pilihan ini. So tunggu apa lagi. Adaptasi sedikit demi sedikit ya VIta...
Galau nya masa kuliah di penuhi dengan hafalan rasanya pingin nangis bersama satu temanku yang ga suka hafalan juga. Ya Alloh berikan lah petunjuk untuk ku. Seiring berjalannya waktu, aku mulai membuka dan membuka jendela waktu dan jendela hatiku. Aku banyak mendapat motivasi dari dosen dan teman-teman. Terima kasih kepada ibu Yani Widyastuti, M.Keb....mama tercinta yang telah memberiku motivasi yang luarrrrrrr biasa. I think that you are the best after my mother to me.  Mama Yani selalu menanyaknku, "gimana, masih istiqomah dan mantep milih bidan?'. Hhe insya alloh mantep bu...Bu Heni Puji Wahyuningsih, M.Keb juga sering memberi motivasi yang luar biasa di kelas. Aku akan selalu ingat ibu...
Aku muali terinspirasi dengan kebidanan, aku ingin bangkit dari keterpurukan ini *hha kayak apa aja sihh Vita.
Aku dulu punya azzam, ketika aku kuliah nanti aku  harus ikut BEM, rohis, yah terlaksanan. Di HMJ ini aku menemukan gerbang ilmu dan kesuksesan dari harapan-harapanku yang buanyak. Aku mengenal indahnya kebidanan, di SKI aku juga menemukan keindahan. Tapi entah mengapa, aku jadi merasa bersalah, dulu ngebet banget ikut ski direktorat namun setelah ikut dan jam kuliah yang agak gitu deh, rasanya amanah itu kayak ga kesampen. Maafkanlah aku ya robb. Namun aku dan teman2 berusaha untuk di kebidanan.
Mulai saat itu, aku berniat bismillah semoga bisa SKI Adz-kiya..goes on...
Oke itu dari pengalaman organisasi yang tak mungkin aku ceritain semua di sini. Karena masih banyak lagi. Lanjut, motivasi itu semakin datang ketika aku duduk di rumah Bidan Praktik Swasta (BPS) SRI MARTUTI, daerah Piyungan. Zeeeet aku terlintas judul KTI. *Loh kog bisa, iya aku barusan baca buku KTI dari STIKES apa gitu, dari prkatikan lain.
Terus aku sms, Bu Yani selaku Pembimbing Akademiku, Ibu maaf sebelumnya, saya kog terlintas dengan judul KTI ya..Ini bu, saya mau gini, gini, gini. Bagaimana bu kira-kira?"
Terus nih ada miskomunikasi nih, beliau jawab yang intinya" Ini dengan ibu siapa?" hha di kirain Bu D3 Progsus kali ya,,, Trua " Maaf ibu, saya Vita ibu. Hhe Mahasiswa Reg tingkat 1".
Beliau bales, "Oh, lha maaf. Krn sudah mau penelitian. Saya pikir dah tingkat 2. Benar kan apa yang saya bilang. Anda ini anak pinter2, jadi dah memikirkan jauu...h ke depan. Yang penting jangan jadikan beban fikiran hal2 masih jauh." Ah...ibu so sweet banget,,, aku bales iya ibu, Nah langkah ku terpotong di sini nih. Aku harus ngapain..hha
Mungkin gali ide lagi kali yaa... Ini aku sudah semester III, sudah masuk perkuliahan intinya dari Kebidanan, karena disitu ada Askeb Persalinan, Nifas, Neonatus, Bayi dan Balita. Gubrak...Vita You can do it. Reach your dream. Don't sleep now if you want to reach it!!!
Mungkin semangat ku akan terus bergelora karena sms dari ibu, teman dan sahabat ku yang selalu mendukung aku. Apalagi training motivasi Pak Kiki kemarin. Itu sungguh luar biasa.........
Selamat Vita, pesan dari Bu Yani adalah :
1. Be different from other
2. Berfikir terhadap semua karakter dosen-dosen
3. Rajin membaca
4. Seimbangin, kuliah dan HMJ.
5. Latih komunikasi
6. Jangan takut, You can do the best. Kalian kan sama-sama makan nasi, sama-sama dapet kesempatan!! Jangan sia-siakan!! Ikut terus, jangan menyerah!!!
Ya Alloh aku harus bersyukur dengan semua keadaan ini. Tiada lain tiada guna karena nikmatmu yang luar biasa ini. Tak akan bisa terhitung. Terima kasih teman2 ...:)



Foto XI IPA 3




Foto Pelantikan HMJ dan BEM Poltekkes Kemenkes Yk







Foto LDK HMJ Kebidanan Polt. Yogya





Moment Foto bareng OPICK di GOR UNY







Ummi, Desy, Vita sama Kayyisa..Love You







Abi, sma Kayy Kayy..I love you Dady.. :)










Kiranya udah dulu kali ya, ini sudah malam. Besok masih kuliah Dokemntasi Kebidanan sama Bu Hesty Widyasih, M.Keb..See you next time my blogger. 
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar